“Nanti Digigit Anjing”

11 Agustus 2015 sekitar pukul 10 pagi di kantor catatan sipil terdengar bunyi rengek seorang bocah. Bocah tersebut berumur tidak lebih dari 5 tahun. Suasana yang panas dan bising membuat bocah tersebut rewel dan ingin cepat keluar untuk bermain. Menurut saya, normal bagi anak kecil untuk ingin bermain. Apalagi dia masih terlalu kecil untuk mengerti kenapa dia harus ke kantor catatan sipil. Ah, mungkin dia hanya ikut ibunya saja.

Tak lama berselang, bocah tersebut kembali merengek bahkan sampai meminta pergi dari tempat ini. Sang Ibu pun mulai kehilangan kesabaran, “udah diem! Cicing” dengan logat Sunda yang kental. Karena disuruh diam, si bocah semakin keras merengek dan ingin pergi. Sang Ibu pun berkata “udah diem, jangan kemana-mana! Nanti digigit anjing. Liat tuh ada darah-darah, bekas anjing itu” seraya menakuti anaknya.

image

Saya cukup heran dengan cara Ibu ini mendidik anak tersebut. Memangnya ada yang salah dengan anjing? Anjing itu bukan binatang yang liar ataupun buas.

Tetapi lebih dari perkataan mengenai anjing, kita sebagai orang Indonesia tentu cukup sering mendengar para orang tua yang menakut-nakuti sang anak supaya anak itu diam dan tidak lg rewel. Cara anda mendidik anak Anda akan menentukan bagaimana perkembangan karakter anak Anda. Ketika Anda lebih sering menakuti anak Anda, secara tidak sadar Anda justru menanamkan budaya takut berbuat sesuatu di dalam diri anak Anda dan menghilangkan budaya eksplorasi hal-hal baru.

Penting untuk kita sebagai seorang manusia untuk mengetahui perbedaan melakukan sesuatu dengan dasar takut atau dasarnya suka. Hal ini saya pelajari dari seorang aktor komedian terkenal Jim Carrey. Dia berkata dalam pidato kelulusannya “Everything you do in your life is based on love or fear”. Dasar perilaku yang berbeda akan menghasilkan output yang berbeda pula. Penting untuk kita melakukan dengan kedua dasar, tidak hanya suka saja atau takut saja. Jadi untuk semua orang tua, be wise on raising your child. Untuk kamu yang udah kepalang berubah, belum terlambat kok.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s